puyang beladi

Pada mulanya silsilah bersifat sederhana sekali, hanya berbentuk garis keturunan yang disusun, seperti syajarah (pohon). Tetapi suatu silsilah dapat pula berisi keterangan atau informasi yang lengkap mengenai tanggal lahir, tanggal wafat, sifat-sifat seorang, asal sukunya di mana dia dikuburkan, mazhabnya dan isteri serta anak-anaknya.

Ciri utama silsilah adalah jurai keturunan yang biasanya bersifat linear: menghubungkan seorang dengan orang yang lain. Sistem kekerabatan dijelaskan dalam antropologi dengan “pria” diberikan tanda O>, dan “perempuan” (isteri) diberikan tanda O+, atau tanda “telah berpulang (+).

Selanjutnya, silsilah disusun dalam bentuk tata urutan dengan nama-namanya yang biasanya diberi nomor yang berurutan sebagai gambaran suksesi pada keluarga. 

Kisah singkat

Kajian tengan kisah sinkat 'puyang Beladi bin puyang Rie Jigar' adalah anak ke-empat dari 6 orang bersaudara. Beliau merupakan cucu dari puyang Rentamat. Data lengkap tentang beliau tidak ada, seperti apa jabatan beliau dan sebagai nya. Kisah singkat ini, hanya sekedar info sementara saja. Semoga anak keturunan beliau dapat meniliti kembali informasi tentang beliau semasa hidup. Sehingga catatan sejarah tentang beliau dapat menjadi lebih lengkap dan valid.

Tempat Kelahiran

Beliau lahir di desa Kurungan Jiwa, marga Lubai suku 1 - masuk wilayah Kesultanan Palembang Darussalam. Saat ini desa Kurungan Jiwa telah digabungkan dengan desa Baru Lubai, sehingga berubah namanya menjadi "Jiwa Baru" merupakan wilayah dari kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan. Beliau beliau diperkirakan lahir pada tahun 1.660 Masehi. 

Tempat Pemakaman 

Berdasarkan catatan silsilah keluarga 'kurungan lembak' bahwa puyang Beladi bin puyang Rie Jigar, berpindah tempat permukim an dari desa Kurungan Jiwa - marga Lubai suku 1 ke desa Aur - marga Lubai suku 2.

Beliau dimakamkan di desa Aur, kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan, pada Taman Pemakaman Umum desa Jiwa Baru. 

Anak keturunan
Beladi bin Rie Jigar, mempunyai anak keturunan yaitu : 
  1. Migum (generasi ke - 12) 
  2. Siakir (generasi ke - 12) 
  3. Behusin (generasi ke - 12) 
Migum bin Beladi mempunyai anak keturunan yaitu :
  1. Taat (generasi ke - 13) 
Siakir bin Beladi mempunyai anak keturunan yaitu :
  1. Husin (generasi ke - 13) 
Behusin bin Beladi mempunyai anak keturunan yaitu :
  1. Abdullah (generasi ke - 13)
Silsilah keluarga

Silsilah adalah suatu bagan yang menampilkan hubungan keluarga (silsilah) dalam suatu struktur pohon. Data genealogi ini
  1. Bala Putra Dewa mempunyai anak yaitu :
  2. Puyang Kurungan Dewa mempunyai anak yaitu :
  3. Puyang Meruhum Sakti mempunyai anak yaitu :
  4. Puyang Jaga Niti mempunyai anak yaitu :
  5. Puyang Nata Dewa mempunyai anak yaitu :
  6. Puyang Kencana Dewa mempunyai anak yaitu :
  7. Puyang Nata Kerti mempunyai anak yaitu :
  8. Puyang Gemeling Sakti mempunyai anak yaitu :
  9. Puyang Rentamat mempunyai anak yaitu :
  10. Puyang Rie Jigar mempunyai anak yaitu :
  11. Puyang Beladi...!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Leni Suryani

Pengertian Keluarga

Ruzaman Effendi