Haji Hasan

Kisah singkat

Kajian tentang kisah singkat, Pugok Haji Hasan bin puyang Aliakim ini hanya dituliskan dengan informasi yang tidak lengkap. Beliau adalah cucu puyang Sinar disebut juga puyang Lebi, cicit puyang Riyamat.

Penulis berusaha untuk menuliskan sejarah singkat ini, seobjek mungkin berdasarkan penuturan kata dari orang tua kami Muhammad Ibrahim bin Haji Hasan bin Aliakim

Tempat kelahiran  

Tempat kelahiran beliau adalah desa Kurungan Jiwa, masuk wilayah Keresidenan Palembang - pemerintah Hindia Belanda. Saat ini desa Kurungan Jiwa telah digabungkan dengan desa Baru Lubai, sehingga berubah namanya menjadi "Jiwa Baru" merupakan wilayah dari kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan.

Keluarga ayahanda dan ibunda
 
Beliau terlahir dari seorang ayah bernama Aliakim bin Sinar dan seorang ibu bernama Rainem binti Segaran. 

Tanggal kelahiran dan kematian
 
Diperkirakan beliau lahir pada tahun 1856 masehi didesa Kurungan Jiwa dirumah puyang Aliakim didekat rumah kakak Luth. Dan meninggal dunia pada tahun 1961 masehi dalam usia 105 tahun didesa Baru Lubai dirumah panggung yang dibuat oleh beliau sendiri. Makam beliau terletak didekat makam puyang Aliakim, tidak jauh dari rumah Jontoni bin Samsul.

Menunaikan ibadah Haji
 
Beliau menunaikan Haji semasa masih membujang dan pekerjaan beliau adalah anemar serta menjadi pemborong pembuatan rumah panggung kayu. Rumah hasil beliau diantara didesa Mesir kabupaten Way Kanan. Disana beliau membuat rumah panggung, selama 1 tahun lamanya.

Fostur tubuh
 
Berdasarkan selembar foto lama, postur tubuh beliau tinggi semampai, kekar dan berjenggot panjang. Beliau jarang sakit dan sangat sayang kepada sanak saudara.

Silsilah keluarga

Silsilah adalah suatu bagan yang menampilkan hubungan keluarga (silsilah) dalam suatu struktur pohon. Data genealogi ini dapat ditampilkan dalam berbagai format. Silsilah keluarga kurungan lembak "puyang Riamat" yaitu :

  1. Bala Putra Dewa mempunyai anak yaitu :
  2. Puyang Kurungan Dewa mempunyai anak yaitu :
  3. Puyang Meruhum Sakti mempunyai anak yaitu :
  4. Puyang Jaga Niti mempunyai anak yaitu :
  5. Puyang Nata Dewa mempunyai anak yaitu :
  6. Puyang Kencana Dewa mempunyai anak yaitu :
  7. Puyang Nata Kerti mempunyai anak yaitu :
  8. Puyang Gemeling Sakti mempunyai anak yaitu :
  9. Puyang Riamat mempunyai anak yaitu :
  10. Puyang Sinar mempunyai anak yaitu :
  11. Puyang Aliakim mempunyai anak yaitu :
  12. Kakek Haji Hasan...!
Anak keturunan

Kakek Haji Hasan bin Aliakim, menikah dengan nenek Sedunah binti puyang Abdurrahman. Nenek Sedunah merupakan anak puyang Mesisa / puyang Mehaya binti puyang Renadi bin puyang Depati Subut desa Baru Lubai, kec. Lubai, kab. Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan, mempunyai anak yaitu :
  1. KH. Abdul Aziz (generasi ke 13)
  2. Fatiyu (generasi ke 13)
  3. Muhammad Ibrahim (generasi ke 13)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Leni Suryani

Pengertian Keluarga

Ruzaman Effendi