Abdus Somad

Berdasarkan data pada silsilah keluarga kurung lembak, bahwa puyang Remanom menikah dengan siapa tidak ada datanya. Beliau mempunyai anak sebagai berikut : 
  1. Puyang Serigum (generasi ke - 11) 
Puyang Serigum bin Remanom menikah dengan ........................... Mempunai anak keturunan sebagai berikut : 
  1. Abdul Somad "pak Bah" (generasi ke - 12) 
  2. Haji Rozali (generasi ke - 12) 
  3. Nursiah (generasi ke - 12) 
Abdus Somad bin Serigum 

Berdasarkan penuturan kata orang tua kami bahwa Abdus Somad dipanggil oleh sanak keluarga gugok kurung lembak dengan sebutan "pak Bah." Hal ini dikarenakan anak beliau yang pertama bernama Bahuri. Adat kebiasaan masyarakat desa Kurungan Jiwa dan Baru Lubai "Jiwa Baru" untuk memanggil seseorang dengan sebutan pak ditambah nama anak yang pertama. 

Semasa penulis masih kecil orangtua kami Muhammad Ibrahim bin Haji Hasan, menjelaskan ini humah sanak kite, humahnye pak Bah. Saat itu kami belum memahami sanaknya dari mana? Cuman taunya bahwa pak Bah masih saudara, tapi tidak silsilah keluarga. Semoga silsilah keluarga ini, akan membuka wawasan anak keturunan generasi muda gugok kurung lembak. Bahwa mereka harus selalu bersilahturrahim, antar anak keturunan puyang Kemala, agar selalu terjalin ikatan keluarga. 

Garis keturunan merupakan keturunan langsung atau pertalian darah dari garis keturunan langsung. Misalkan hubungan orang tua kandung dengan anaknya atau hubungan anak, ayah, dan kakek. Sedangkan sebutan anak dalam silsilah keluarga merupakan garis keturunan pertama sedangkan cucu merupakan anaknya dari anak atau garis keturunan kedua serta cicit merupakan anak dari cucu dan seterusnya. 

Abdus Somad bin Serigum menikah dengan Tjik Yuteh binti Mu'in dan mempunyai anak keturunan sebagai berikut : 
  1. Bahuri (generasi ke - 13) 
  2. Siti Nahodah (generasi ke - 13) 
  3. Patarudi (generasi ke - 13) 
  4. Sotimah (generasi ke - 13) 
  5. Holimah (generasi ke - 13) 
  6. Rusnon Zailah (generasi ke - 13) 
  7. Haji Ideman (generasi ke - 13) 
  8. Bahwadin (generasi ke - 13) 
Data anak keturunan beliau, belum lengkap yang ada pada penulis. Semoga dikemudian hari, data anak keturunan beliau dapat melengkapkan datanya dan dapat dituliskan pada halaman silsilah keluarga ini. 

Kepada sanak saudara yang mengetahui data-data anak keturunan beliau, silakan kirimkan ke email : amarlembak@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Leni Suryani

Pengertian Keluarga

Ruzaman Effendi